Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Apa itu Mining Bitcoin dan Bagaimana Cara Melakukan Mining Bitcoin?

20 Februari 2022 | 21:20 WIB Last Updated 2022-03-18T11:35:46Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Apa itu mining Bitcoin dan bagaimana cara melakukan mining Bitcoin? Mining adalah sebuah proses penambahan catatan transaksi di suatu blok ke buku besar yang dinamakan Blockchain yang mana blok itu sendiri berisi beberapa transaksi pengiriman digital asset dari satu orang ke orang lain yang dilakukan miner.
Pada proses mining, para miner melakukan konfirmasi atau validasi pada blok bahwa kumpulan transaksi pada blok tersebut valid dan sah. Namun, pada miner akan memprioritaskan transaksi dengan fee yang tinggi terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam blok untuk diproses.

Freepick

 

Tujuan utama mining adalah untuk mengatur sejarah atau riwayat transaksi secara komputasi tidak mudah dimodifikasi oleh suatu entitas dan mining sangat kompetitif yang membuat semua orang sulit untuk menambahkan blok transaksi baru ke dalam rantai blok. Hal ini untuk mencegah siapapun mendapat kekuasaan untuk memblokir transaksi tertentu dan oleh karena mekanisme itu, transaksi digital asset bersifat irreversible.

 

Apa itu mining Bitcoin dan bagaimana cara melakukan mining Bitcoin? Mining juga merupakan mekanisme yang digunakan untuk memperkenalkan digital asset kedalam sistem dan miner akan mendapatkan reward dari fee transaksi serta jika menemukan blok maka penemu akan mendapatkan reward yang disetujui oleh miner di dalam jaringan. Nilai bountynya saat ini adalah 12,5 Bitcoin dan nilai ini akan terbagi dua setiap 210.000 blok. Feenya insentif bagi miner untuk memasukkan transaksi di blok mereka. Selain itu, miner akan mendapatkan subsidi dari digital asset yang baru dibuat. Hal ini bertujuan untuk promosi atau menyebarluaskan digital asset baru secara terdesentralisasi serta memotivasi orang untuk memberikan keamanan bagi sistem.
Mining disebut seperti itu karena menyerupai penambangan komoditas lain yang mana proses mining membutuhkan pengerahan tenaga ( Miner ) dan unit baru tersedia yang ingin ambil bagian.


Apa itu mining Bitcoin dan bagaimana cara melakukan mining Bitcoin? Kesulitan dari mining adalah saat memasukkan beberapa transaksi ke dalam blok bersama dengan bukti matematis dari kinerja tersebut. Bukti tersebut sangat sulit dibuat karena tidak ada cara untuk membuatnya selain dengan mencoba miliaran kalkulasi per detik dan miner harus melakukan perhitungan ini sebelum blok mereka diterima oleh jaringan. 

 

Bukti itu dinamakan POW ( Proof Of Work ) dan POS ( Proof Of Stake ). POW adalah sebuah tolak ukur bagi miner yang digiring untuk bisa bertindak jujur di dalam sistem digital asset sehingga mereka pun berkontribusi di dalam sistem dengan melakukan mining. Sedangkan, POS adalah alternatif dari POW yakni untuk mengatasi fee transaksi pada saat nantinya reward blok hendak mencapai nol atau hendak habis. Apabila hal itu terjadi maka jumlah miner akan berkurang sedangkan jumlah orang untuk melakukan serangan ke sistem menjadi bertambah.

 

Selain itu, semakin banyaknya orang yang mulai melakukan mining Bitcoin, semakin sulit untuk menemukan blok yang valid sehingga secara otomatis ditingkatkan oleh jaringan untuk memastikan bahwa waktu rata - rata menemukan adalah 10 menit per blok. Jika kurang dari 10 menit maka tingkat kesulitan akan bertambah, sedangkan jika lebih dari 10 menit maka tingkat kesulitan berkurang.

 

Disamping itu, miner harus menemukan header dari hash SHA-256 yang lebih rendah atau setara dengan target agar blok itu diterima oleh jaringan. Sebagai contoh, hash dari suatu blok harus diawali oleh angka - angka 0 ( Nol ). Sedangkan probabilitas blok yang diawali oleh angka - angka 0 ( Nol ) sangat rendah sehingga miner harus melakukan beberapa upaya. Dan juga jika suatu blok dikeluarkan oleh miner jahat yang tidak memenuhi target kesulitan akan ditolak oleh miner lain yang berpartisipasi dalam jaringan.

 

Semua orang dapat melakukan mining Bitcoin namun harus menggunakan alat - alat seperti hardware khusus yang tentunya membutuhkan energi listrik besar.  Meskipun, jumlah energi yang digunakan masih jauh dari jumlah keseluruhan energi listrik yang digunakan di dunia saat ini. Namun kenyataannya adalah pertambangan Bitcoin memang membutuhkan energi listrik.



Berikut alat dan cara melakukan mining Bitcoin:
 

1. CPU Mining adalah alat yang digunakan untuk mining oleh miner saat awal kemunculan versi Bitcoin pertama. Namun, karena munculnya GPU membuat penambangan menggunakan CPU menjadi tidak bijaksana secara finansial. Hashrate tumbuh sedemikian rupa sehingga jumlah digital asset yang dihasilkan oleh CPU lebih rendah daripada biaya pengoperasiannya.
Rekomendasi CPU Mining:
AMD Ryzen Threadripper 1950X, AMD Ryzen 7 1800X, Intel Pentium G4400, AND Ryzen 5 1600X, Intel Core i5-7600K

 

2. GPU Mining adalah alat yang digunakan untuk mining yang lebih cepat dan efesien daripada menggunakan CPU karena CPU adalah eksekutif sedangkan GPU adalah pekerja dimana GPU dapat menyelesaikan Matematika dan melakukan segala hal berdasarkan kondisi tertentu serta sedikit memerlukan kinerja eksekutif.
Rekomendasi GPU Mining:
Nvidia GeForce GTX 1070, AMD Radeon RX580, Nvidia GeForce GTX 1060, AMD Radeon RX Vega, Nvidia GTX 1080 Ti

 

3. FPGA Mining adalah sebuah IC digital yang banyak dipakai untuk mengimplementasikan rangkaian-rangkaian digital dibuat untuk mengefesiensikan cara untuk mining sebanding dengan mining menggunakan GPU dan secara drastis mengungguli mining menggunakan CPU yang diciptakan oleh perusahaan Butterfly Labs “ZTEX German” berbentuk chip dengan harga $1 - $2,5/Mhs.

 

4. ASIC Mining atau Application Specific Integrated Circuit merupakan chip khusus yang menggunakan IC khusus untuk keperluan tertentu sehingga bisa dikatakan bahwa ASIC adalah hasil pengembangan terpadu setelah CPU, GPU dan FPGA.
Rekomendasi ASIC:
Dragon Mint 16T, Antminer S7, Antminer S9, Avalon 6, Antminer R4

 

5. Mining Services ( Cloud Mining ) adalah kontraktor mining yang menyediakan jasa mining dengan kinerja yang ditentukan oleh kontrak. Namun, saat ini terdapat banyak cloud mining yang melakukan kegiatan scam. Yakni tidak adanya bukti bahwa penyedia cloud mining akan memberikan hash rate yang telah dibayarkan. Hal itu berdasarkan orang - orang yang telah mencoba untuk melakukan mining dengan menggunakan jasa cloud mining yang mana miner  juga diharuskan untuk membayar persentasi keuntungan yang lebih tinggi di pemasar afiliasi.

 

6. Mining Pool adalah tempat dimana miner berkumpul untuk melakukan kerjasama dalam melakukan mining secara bersama - sama agar lebih mudah dalam mendapatkan reward namun reward itu akan dibagi secara rata ke miner lain yang ikut mengerjakan.

 

Demikian terkait apa itu mining Bitcoin dan bagaimana cara melakukan mining Bitcoin. Semoga bermanfaat.


Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +