Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Wow, Begini Cara Meredakan Nyeri Haid!

07 Maret 2022 | 11:55 WIB Last Updated 2022-03-07T08:40:40Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Begini cara meredakan nyeri haid, menstruasi adalah salah satu tanda bahwa remaja perempuan sudah memasuki masa pubertas. Menstruasi terjadi karena perubahan beberapa hormon di dalam tubuh remaja perempuan. Perubahan hormon ini terkadang menimbulkan perubahan pada kondisi fisik. Pada Masa Pra-Menstruasi, para perempuan akan merasakan beberapa hal yang membuat mereka tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Salah satunya adalah kram perut.

 

freepick
 

Begini cara meredakan nyeri haid, kram perut timbul karena kontraksi dinding rahim lebih kuat dari pada biasanya. Kram perut dialami oleh perempuan selama beberapa hari. Ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan di rumah ketika kram perut mulai melanda di kala menstruasi.

 

1. Kompres hangat bagian perut yang mengalami kram 

Kompres hangat dapat membuat rileks bagian yang sedang dilanda kram. Cara membuat kompres hangat cukup mudah, yaitu siapkan air hangat dan handuk. Kemudian rendam handuk sejenak dalam air hangat, peras, kemudian tempelkan di bagian kram. Jika tak ingin repot, kalian bisa membeli hot water bag kemudian isi dengan air hangat. 

 

2. Lakukan kegiatan yang dapat memproduksi hormone endorfin 

Hormon endorfin adalah hormone yang dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Lalu kegiatan apa saja yang dapat membuat tubuh memproduksi hormon endorfin? Kalian bisa melakukan olahraga atau aktif bergerak agar tubuh dapat memproduksi hormon endorfin lebih banyak. 

 

3. Memperbanyak minum air putih 

Banyak minum air putih dapat meredakan perut kembung dan menambah rileks perutmu yang sedang dilanda kram. Kalian juga bisa meminum air putih dengan suhu hangat ditambah dengan perasan lemon atau jeruk nipis agar lebih rileks. 

 

4. Memijat bagian kram 

Minum air putih banyak tidak serta merta membuat perutmu yang sedang kram menjadi lega. Bila ingin rasa sakit karena kram dapat mereda dengan cepat, kalian bisa memijat perlahan perut bagian bawah. Pijatan dilakukan dengan pola memutar. 


Begitu cara meredakan nyeri haid, itu dia langkah-langkah yang bisa kalian terapkan untuk meredakan nyeri perut karena haid. Cukup mudah dan simple kan? Apabila nyeri atau kram perut terus terjadi dan memberi dampak yang besar, seperti muntah-muntah hingga pingsan maka kalian wajib memeriksakan diri ke dokter ya!

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +