Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh, Wow Salah Satunya untuk Diet Cepat!

13 Februari 2022 | 17:46 WIB Last Updated 2022-02-13T10:47:12Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang hampir disenangi oleh semua orang. Pasalnya olahraga satu ini melibatkan pergerakan seluruh otot pada bagian tubuh yang dipercaya memiliki begitu banyak manfaat. Nah kira-kira apa saja sih manfaat yang akan Anda dapatkan dengan olahraga renang.



7 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh
Img: Luksadia.com

 

Berikut manfaat berenang untuk kesehatan tubuh


1. Menurunkan Berat Badan

Nah, daripada kamu buang uang untuk beli susu diet atau produk sejenisnya. Mendingan kamu berenang bersama temanmu karena dengan melakukan aktivitas renang maka Berat badanmu bisa turun lho.

Dengan berenang selama satu jam akan membantumu membakar kalori sebanyak 715 kalori. Menurut peneliti dari Universitas Indiana, ketika mereka membandingkan perenang rekreasi dan perenang profesional ditemukan fakta bahwa perenang profesional mampu menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.

 

2. Mengontrol Kadar Kolestrol

Manfaat berenang yang terakhir adalah dapat mengurangi kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan kolestrol baik berkat kekuatan aerobiknya.Dengan melakukan berenang, kolestrol Anda akan stabil dan membuat tubuh Anda tetap dalam kondisi yang sehat. 



3.  Menjaga Berat Badan yang Ideal

Ini hal pertama yang menjadi kabar baik bagi semua orang. Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal Anda.

Faktanya berenang selama satu jam Anda dapat membakar 100-200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan anda, semakin anda rutin maka renang bisa membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

 

4.  Membentuk dan Menguatkan Otot

Selain dapat menjaga berat badan. Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah dapat menguatkan otot-otot di dalam tubuh, salah satunya adalah otot triceps. Bahkan peningkatan massa otot triceps ini dapat mencapai 23,8% apabila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.



5.  Baik Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga renang juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa/stroke volume sebesar 18 %.4.

 

 

6. Tinggi Badan Bertambah

Berenang dapat membantu Anda menambah tinggi badan yang Anda idamkan. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi. Hal ini tentunya bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan.



7.  Membuat Tubuh Rileks

Ketika Anda sedang jenuh dengan segala rutinitas kerja Anda, dengan berenang di kolam dan menikmati waktu santai adalah hal yang baik untuk Anda menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Ketenangan di dalam air cukup bagus untuk kesehatan mental dan melepaskan tegangan otot atau sendi Anda sehingga badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali.

 

Demikian artikel mengenai manfaat berenang untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketehui. Semoga artikel ini dapat dapat membantu Anda mencari informasi seputar manfaat berenang. 

 

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +