Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Apa Penyebab Gigi Berlubang?

25 Juni 2022 | 16:23 WIB Last Updated 2022-06-25T12:21:28Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

freepick

Streptococcus mutans dan Streptococcus sorbinus adalah bakteri berbahaya yang ditemukan di mulut. Bakteri ini memakan gula yang mereka makan dan membangun plak pada gigi Anda. Jika plak tidak dihilangkan atau disikat, kondisi di mulut menjadi lebih asam dan kerusakan gigi mulai terbentuk. Karies pada area dengan permukaan gigi yang keras umumnya berkembang dari kavitas kecil ke kavitas besar. Gigi berlubang yang terbentuk di gigi disebabkan oleh berbagai faktor seperti bakteri di mulut, sering ngemil, konsumsi minuman manis dan kebersihan gigi yang buruk.  Kerusakan gigi sangat umum terjadi pada anak-anak, remaja dan dewasa. Gigi yang tidak dirawat atau dirawat akan membesar dan mempengaruhi lapisan gigi yang lebih dalam dan dapat menyebabkan sakit gigi parah, infeksi, dan kehilangan gigi.

Apa penyebab kerusakan gigi? Berikut beberapa proses yang terjadi pada gigi berlubang yang sering terjadi di sekitar kita.

 

  1. Pembentukan plak. Plak seperti lapisan lengket pada gigi. Kondisi ini terjadi ketika Anda makan terlalu banyak makanan manis dan tidak membersihkan gigi dengan benar. Jika gigi tidak dibersihkan dari sisa makanan manis, bakteri akan berkembang biak dengan cepat dan membentuk plak. Plak yang menempel pada gigi dapat mengeras di bawah atau di atas garis gusi dan membentuk karang gigi.

 

  1. Deposit asam pada plak Deposit asam pada plak dapat menghilangkan mineral dari email dan bagian luar gigi. Erosi ini menyebabkan lubang kecil pada email gigi. Saat area email gigi hilang, bakteri dan asam dapat berpindah ke lapisan gigi berikutnya, dentin. Lapisan dentin lebih lembut dari email dan kurang tahan asam. Dentin memiliki tabung kecil yang berkomunikasi langsung dengan saraf yang menyebabkan sensitivitas gigi.

 

  1. Kehilangan persisten. Kerusakan gigi berkembang di dalam gigi (pulpa), yang mengandung saraf dan pembuluh darah. Pulpa membengkak dan teriritasi oleh bakteri. Pembengkakan menyebabkan saraf menjadi tertekan, menyebabkan rasa sakit. Apa faktor risiko karies gigi? Setiap orang berisiko mengalami kerusakan gigi, tetapi faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Kerusakan gigi biasanya terjadi di bagian belakang gigi. Gigi pada bagian ini memiliki banyak lekukan, lubang, dan lekukan, serta beberapa akar yang dapat menampung beberapa sisa makanan.Hal ini membuat gigi belakang lebih kotor dan lebih sulit dibersihkan daripada gigi depan.

 

  1. Makanan dan minuman tertentu Makanan yang menempel di gigi dalam waktu lama, seperti susu, es krim, madu, gula, minuman ringan, buah kering, kue, permen dan keripik kentang, dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sering ngemil atau minum minuman manis Minum terlalu banyak minuman manis memberi bakteri mulut lebih banyak makanan untuk menghasilkan asam yang dapat merusak gigi. 
  2. Rencana Menyusui. Memberi bayi Anda susu, jus, atau cairan manis lainnya sebelum tidur dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Hal ini terjadi karena sisa gula di mulut tertinggal saat Anda tidur.

 

  1. Pasta gigi rendah fluoride fluoride dan mineral alami dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

 

  1. Faktor usia. Dengan bertambahnya usia, gigi menjadi lebih rentan terhadap karies.

 

  1. Mulut kering  Mulut kering disebabkan oleh kurangnya air liur, yang  mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan sisa makanan dan plak dari gigi. Zat yang ditemukan dalam air liur juga dapat membantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri.   

 

  1. Tambalan atau Kawat Gigi  Tambalan atau kawat gigi yang telah dipakai selama bertahun-tahun dapat rusak atau menyimpan kotoran dan sulit untuk dilepaskan. Kondisi ini memungkinkan  terjadinya kerusakan.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +