Notification

×

Kategori Berita

Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.
TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

Tag Terpopuler

Apa itu FOB (Free On Board)?

03 Januari 2014 | 18:14 WIB Last Updated 2021-08-02T17:53:32Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

FOB Shipping Point (franco gudang penjual), artinya beban angkut barang sejak dari gudang penjualan sampai dengan gudang pembelian menjadi tanggungjawab pembeli.

FOB Destination Point (franco gudang pembeli), artinya beban angkutan barang sejak dari gudang sampai dengan gudang pembeli menjadi tanggungjawab penjual.

FOB menentukan partai mana yang (pembeli atau penjual) yang membayar pengiriman dan loading biaya, dan / atau di mana tanggung jawab untuk barang yang ditransfer. Perbedaan terakhir adalah penting untuk menentukan kewajiban untuk barang hilang atau rusak dalam perjalanan dari penjual kepada pembeli.

Berdasarkan standar Incoterms yang diterbitkan oleh International Chamber of Commerce, FOB singkatan dari "Free On Board", dan selalu digunakan bersama dengan port loading. Menunjukkan "FOB port" berarti bahwa penjual membayar untuk transportasi dari barang ke pelabuhan pengiriman, ditambah biaya loading. Pembeli membayar biaya transportasi angkutan laut, asuransi, bongkar, dan transportasi dari pelabuhan kedatangan ke tujuan akhir. Pengesahan risiko terjadi pada saat barang melewati pagar kapal di pelabuhan pengiriman.

Di Amerika Serikat, FOB istilah yang umum digunakan saat pengiriman barang untuk menunjukkan siapa yang membayar biaya bongkar muat dan transportasi, dan / atau titik di mana tanggung jawab transfer barang dari pengirim ke pembeli.

"FOB shipping point" atau "asal FOB" menunjukkan pembeli membayar biaya pengiriman dan bertanggung jawab atas barang saat barang meninggalkan tempat penjual. "Tujuan FOB" menunjuk penjual akan membayar biaya pengiriman dan tetap bertanggung jawab atas barang sampai pembeli mengambil kepemilikan.

Dalam Akuntansi dan Audit menentukan kapan judul ditransfer untuk barang berdasarkan titik FOB. Sebagai contoh, pada tahun dan periode akhir barang dalam perjalanan di bawah "FOB destination" (Amerika Utara penggunaan) muncul pada neraca penjual tapi tidak dalam neraca pembeli, karena risiko dan manfaat perubahan kepemilikan kepada pembeli di "tujuan" port.
Pengalihan hak dapat terjadi pada waktu yang berbeda (atau peristiwa) daripada istilah pengiriman FOB. Pengalihan hak adalah unsur pendapatan yang menentukan siapa yang memiliki barang dan nilai yang berlaku.


Referensi : inilahinfo.blogspot.com
 
×
Artikel Terbaru Update
Rekomendasi Untuk Anda × +