Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Problem Pendidikan di Indonesia

24 Juni 2022 | 18:33 WIB Last Updated 2022-06-24T13:29:29Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe
Pendidikan mempunyai peranan sangat krusial bagi kemajuan sebuah negara termasuk negara Indonesia. Tetapi apa jadinya bila pendidikan yang sangat penting dan  menjadi tonggak kemajuan bangsa masih menjadi persoalan fundamental di Indonesia. Pendidikan pada Indonesia disinyalir sangat sulit mengalami perkembangan karena memang banyak faktor yang menyebabkannya.



Faktor Penghambat Pendidikan di Indonesia

Memang tdak mudah memajukan pendidikan pada Indonesia yg memiliki penduduk serta luas wilayah yang sangat luas ini. Faktor-faktor yang acapkali kali menjadi penghambat bagi upaya pemerintah pada memajukan pendidikan di negeri ini. Ini  beberapa faktor penyebabnya:


Faktor Pertama, Pendidikan Yang Mahal

Sebagai faktor utama serta paling banyak menjadi alasan bagi yang putus sekolah serta tidak melanjutkan pendidikan. Pendidikan yg dirasa sangat mahal menjadi alasan utama bagi yang putus sekolah.  Demikian mampu kita lihat jika semakin sedikit warga  negara Indonesia yg memiliki pendidikan tinggi sebab banyak yang tidak mampu mengakses pendidikan.

 

Hanya segelintir saja yang bisa mengakses pendidikan tinggi di Indonesia dibanding jumlah penduduk usia sekolah. Hal itu memang wajar sebab harga pendidikan tinggi di Indonesia tak sebanding dengan penghasilan sebagian besar  penduduk Indonesia. oleh karena itu,  memang masih sebagai  problem saat seseorang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.


Faktor Kedua, Fasilitas Pendidikan yang Kurang Memadai di daerah eksklusif

Faktor ke dua yg sebagai penghambat perkembangan pendidikan pada negara Indonesia adalah persoalan fasilitas pendidikan yang kurang memadai. Memang fasilitas pendidikan di daerah tertentu seperti perbatasan atau pedalaman masih kurang memadai bahkan kurang layak. Hal ini mengakibatkan bersekolah terbentur menggunakan fasilitas yg tidak tersedia atau sangat minim. Akar duduk perkara berasal fasilitas ini terletak pada infrastruktur yang mempengaruhi akses pemerintah ke wilayah-daerah terluar dan  terdalam. Oleh sebab itu, pemerintah  sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur agar tidak terdapat lagi wilayah pada Indonesia yg terisolir. Demikian akses terhadap fasilitas pendidikan lebih praktis.


Faktor Ketiga, Pemerataan Pendidikan yang Kurang

Faktor berikutnya ialah pemerataan pendidikan yang dirasa kurang, terjadi kesenjangan pendidikan antara kota besar  dan  wilayah terdalam. Ini sebagai pekerjaan tempat tinggal  bagi pemerintah buat mampu melakukan pemerataan pendidikan pada semua wilayah di Indonesia. Tak mudah memang melakukan pemerataan pendidikan di seluruh daerah, namun itu adalah hak Setiap masyarakat yg telah diatur pada Undang-Undang Dasar.


Faktor Keempat, Daerah Geografis yang Sangat Luas

Indonesia memiliki wilayah geografis yg sangat luas serta ialah kepulauan. Ini pula menjadi faktor yang mensugesti bahkan mengganggu perkembangan pendidikan di Indonesia. Hal ini sebab, menyebabkan akses pendidikan yg kurang merata bagi setiap pulau atau daerah. Dengan daerah yang sangat luas pemerintah pusat yang berada di Jakarta akan sedikit kesulitan menjangkau daerah terdalam dan  terluar dari Indonesia. dengan demikian pendidikan tidak bisa berkembang memakai baik pada daerah-wilayah eksklusif di negara ini.


Faktor Kelima, Budaya Suatu Daerah yang Tertutup

Faktor terakhir adalah budaya pada sebuah wilayah yang tidak mampu mendapatkan pendidikan asal luar. Seperti suku pedalaman yg terkadang tidak mengijinkan penduduknya menempuh pendidikan secara formal. Bahkan pada beberapa daerah pedalaman juga menduga pendidikan tidak penting dan  lebih memilih melanjutkan kebiasaan atau budaya usang suku tersebut.


Demikianlah beberapa faktor yang menyebabkan pendidikan pada Indonesia tidak bisa berkembang pesat layaknya pada negara maju. sebagai tantangan tersendiri bagi pemerintah yang berkuasa ketika ini buat memperkecil faktor penghambat tadi agar pendidikan mampu semakin maju. Hal itu karena, pendidikan ialah hak seluruh masyarakat negara Indonesia.


Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +