Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Resmi! TikTok Bocorkan Bagaimana Sistem FYP TikTok Bekerja

06 Mei 2022 | 17:28 WIB Last Updated 2022-05-07T07:59:01Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Pada 19 Juni 2020 lalu, website resmi TikTok membuat sebuah tulisan yang sangat menarik. Tulisan itu menjelaskan tentang bagaimana pihak TikTok merekomendasikan FYP TikTok kepada para penggunanya.

Tulisan tersebut diposting dalam bahasa Inggris. Namun, jangan khawatir. Bagi Anda yang tak ingin susah payah bolak-balik Google Translate, cek tulisan ini hingga selesai, ya.

Pun begitu bagi Anda pengguna atau konten kreator TikTok, informasi mengenai hal ini tentu amat penting. Jadi pastikan baca tulisan ini sampai selesai, ya.

Namun, bagi Anda yang ingin membacanya langsung dari website TikTok, klik di sini, ya. Tulisan itu berjudul How TikTok recommends videos #ForYou.

Sumber: tiktok.com

Baca artikel menarik lainnya: 10 Tips Ampuh Agar Video TikTok FYP 2022 Terbaru.

Apa Itu FYP TikTok?

FYP TikTok adalah singkatan dari For Your Page (FYP). Ini adalah salah satu fitur yang disediakan oleh TikTok untuk para penggunanya.

Jika Anda membuka aplikasi TikTok untuk pertama kalinya, Anda pasti akan disuguhi dengan sejumlah rekomendasi video TikTok. Bagi Anda mungkin itu adalah kumpulan video acak yang disuguhkan oleh pihak TikTok.

Namun, nyatanya, pihak TikTok memiliki algoritma sendiri tentang hal itu. TikTok memberikan sejumlah rekomendasi video kepada Anda dengan pertimbangan tertentu.

Dasar-dasar Mengenai Sistem FYP TikTok

Anda pasti pernah bertanya: bagaimana pihak TikTok bisa memilih sejumlah video yang muncul atau tampil di FYP TikTok Anda? Ternyata, TikTok menggunakan sistem penunjang untuk melakukan hal itu.

Pihak TikTok membaca sejumlah aktivitas Anda di aplikasi TikTok. Jadi, setiap video yang Anda tonton akan menjadi big data untuk mereka.

Begitu pun, video yang Anda sukai, akun TikTok yang Anda ikuti, komentar yang Anda lakukan di sebuah video. Itu semua menjadi big data yang amat penting untuk menentukan FYP TikTok.

Pihak TikTok menentukan preferensi Anda berdasarkan sejumlah aktivitas di atas. Menurut pihak TikTok, ini akan membuat sebuah pengalaman yang lebih personal bagi setiap orang.

Hal ini karena setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing. Anda dan teman Anda pasti suka menonton video yang berbeda, menyukai video yang berbeda, dan sebagainya. Inilah yang digunakan oleh TikTok untuk membuat FYP bagi Anda.

Baca artikel menarik lainnya: Ingin Masuk FYP TikTok? Cek Jam FYP TikTok 2022 Terbaru.

Faktor yang Mempengaruhi FYP TikTok Anda

Sebagaimana dijelaskan di atas, semua aktivitas Anda akan dicatat oleh pihak TikTok. Catatan tersebut mereka gunakan untuk menentukan FYP yang akan muncul di layar TikTok Anda.

TikTok, melalui tulisannya, membocorkan tiga hal penting untuk menentukan FYP TikTok di layar handphone Anda. Langsung saja, cek ketiga hal di bawah ini:

#1. Interaksi Pengguna

Bagian ini yang mungkin paling utama, sebagaimana dijelaskan di atas. Semua aktivitas yang Anda lakukan di TikTok akan dicatat dan dijadikan sebagai big data.

Semua preferensi Anda, seperti akun yang Anda ikuti, video yang Anda bagikan, video yang Anda sukai sangat berguna. Begitu juga dengan komentar, dan konten yang Anda buat, semuanya dijadikan sebagai patokan oleh TikTok.

Itu semua dianggap oleh pihak TikTok sebagai preferensi atau kesukaan Anda. TikTok menyediakan sejumlah video yang berkaitan dengan semua aktivitas Anda di atas untuk menentukan FYP TikTok.

Ini dilakukan oleh TikTok karena mereka ingin membuat Anda berlama-lama membuka aplikasi mereka. Caranya, tentu, dengan merekomendasikan sejumlah video yang, menurut mereka, Anda sukai.

#2. Informasi Video

Sebuah video biasanya memiliki sejumlah informasi. Informasi yang dimaksud misalnya, konten kreator yang mengunggah video, teks yang digunakan, musik yang dipakai, dan sebagainya.

Hal ini termasuk juga hashtag yang digunakan di dalam video tersebut. Semua hal ini sangat berguna bagi pihak TikTok.

Dari sejumlah informasi tersebut, TikTok membuat preferensi Anda untuk dijadikan patokan FYP TikTok Anda. Jadi, bagi Anda konten kreator TikTok, memberikan sejumlah informasi terkait video amatlah penting, ya.

#3. Pengaturan Perangkat dan Akun TikTok Anda

Menurut TikTok, pengaturan perangkat dan akun TikTok cukup berpengaruh. Namun, pengaruhnya tak sebesar kedua hal di atas.

Pengaturan perangkat dan akun TikTok yang dimaksud adalah sejumlah pengaturan personal pada perangkat dan akun TikTok Anda. Pilihan negara, pilihan bahasa, jenis perangkat yang Anda gunakan, dan yang lainnya sangat menentukan FYP TikTok Anda.

Namun, karena hanya sedikit pengguna yang memperhatikan hal ini, TikTok tak terlalu menaruh patokan ini untuk FYP TikTok Anda.

Demikian bocoran resmi TikTok mengenai FYP TikTok. Sekarang Anda tak penasaran lagi, kan, bagaimana TikTok merekomendasikan sejumlah FYP TikTok untuk Anda.

Informasi ini juga berguna untuk Anda para konten kreator. Jadi, Anda tahu apa saja yang Anda harus perhatikan agar video Anda masuk FYP TikTok.

Sekian.

Baca artikel menarik lainnya: 
Ingin Masuk FYP TikTok? Cek Jam FYP TikTok 2022 Terbaru
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +