Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Jangan Latah Ganti HP Dengan 5G

17 Maret 2022 | 05:20 WIB Last Updated 2022-03-25T15:09:07Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Selama beberapa tahun belakangan banyak pengguna smartphone yang latah ganti HP dengan 5G sebab memang Pemerintah Indonesia tampak serius mengerjakan berbagai proyek pemerataan koneksi internet ke seluruh Indonesia.

 

freepick

 

Bersamaan dengan itu juga, pemerintah mulai meningkatkan kualitas jaringan dan mengembangkan teknologi 5G sebagai dasar koneksi jaringan Indonesia. Pengguna smartphone sudah mulai berlomba-lomba untuk memiliki smartphone keluaran terbaru yang telah mendukung jaringan 5G yang diklaim memiliki akses internet yang jauh lebih cepat dari akses generasi 4G.

 

Kemampuan teknologi generasi 5G memang dapat diandalkan, karena generasi ini memang dirancang untuk akses pertukaran data dan informasi dengan skala yang besar dan real-time. Tapi sebaiknya perhatikan dulu kebutuhan jaringan internet smartphone sebelum ikutan mengupgrade atau membeli perangkat baru. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mengurungkan niat membeli smartphone baru yang telah support jaringan 5G:

 

Pengguna Rumahan 

Bagi pengguna yang ada pada level standar maka sebaiknya mengurungkan niat untuk memiliki HP dengan jaringan 5G. Sebab kecepatan data hingga lebih dari 200 Mbps akan terasa sia-sia bila penggunaannya hanya untuk selfie, telepon, sms atau menggunakan WhatsApp hanya untuk mengirimkan pesan dan telepon saja.

 

Akses Jaringan 5G Belum Merata 

Perhatikan ruang gerak atau wilayah yang sering dikunjungi, apabila masih belum tersedia jaringan 5G yang cukup baik maka sebaiknya tetap bertahan di jaringan 4G. Sebab bila menggunakan HP dengan 5G dan berada di luar jangkauan layanan internet 5G maka kecepatan akses internet yang didapat pun akan menurun dan jaringan cenderung tidak stabil.

 

Teknologi Ini Masih Terlalu Baru 

Meskipun kehadiran 5G sudah cukup lama dan pemerintah menyebutkan bahwa jangkauan 5G akan menggunakan jaringan 4G yang sudah ada. Akan tetapi kesiapan infrastruktur dari masing-masing penyedia layanan operator selular masih belum optimal.

 

Lebih Stabil Jaringan 4G 

Beberapa informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah menyebutkan bahwa jalur 4G akan dikurangi dan akan digantikan oleh 5G, secara logika maka akses pengguna 4G akan berkurang dan akan mengakibatkan gangguan jaringan.

 

Informasi tersebut tidaklah salah, tapi bila seluruh pengguna mengganti smartphone nya ke 5G bukankah jaringan 4G akan kosong dan bisa lebih leluasa digunakan oleh pengguna yang tetap setia di jaringan 4G?

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +