Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Bagaimana Wujud Ibu Kota Negara Baru (IKN) Indonesia Saat Ini?

05 Maret 2022 | 21:51 WIB Last Updated 2022-03-05T14:51:00Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Bagaimana Wujud Ibu Kota Negara Baru (IKN) Indonesia aat Ini? wacana pemindahan IKN atau ibukota baru rasanya akan segera nyata. Meski sempat terjadi pro kontra, namun sepertinya wujud Ibu Kota Negara Indonesia akan segera terealisasikan. Meskipun rencana ini sudah ada sejak 2019 lalu namun ada beberapa aspek yang masih menjadi pertimbangan pemerintah. 



detik

Lantas mengapa Kalimantan yang dipilih untuk menjadi wajah baru ibukota? Berikut beberapa alasan serta keunggulan Kalimantan yang dinilai cocok untuk menjadi pengganti Jakarta:


    1. Memiliki Lahan Luas dan Memadai
Salah satu alasan penting mengapa Kalimantan dipilih sebagai ibukota ialah adanya ketersediaan lahan yang cukup. Sebab untuk merealisasikan wujud IKN dibutuhkan perluasan yang tidak sedikit. Oleh karenanya, daerah Kalimantan dinilai sangat tepat.

 


    2. Dinilai Cenderung Minim Bencana Alam
Melihat dari sisi geografis Kalimantan, daerah ini dinilai minim bencana alam. Mulai dari gempa bumi hingga tanah longsor. Meskipun, pada dasarnya semua daerah berpotensi mengalami bencana serupa. Namun Kalimantan dinilai relative lebih kecil dibanding daerah lainnya.

 


    3. Jarang Terjadi Konflik Sosial
Tentu saja pemerintah tidak ingin main-main dengan wujud IKN yang baru ini. Semua hal dipertimbangkan sematang mungkin untuk menjadikan wajah baru bagi Indonesia. Seperti pertimbangan lainnya yakni Kalimantan dinilai minim konflik social masyarakat. Sebab, pemindahan ini tidak hanya bicara mengenai insfrastrukture, namun juga mempertimbangkan sosiopolitik dan sosiologisnya.

 


    4. Kalimantan Daerah yang Maju
Jika kita berkunjung ke Kalimantan, kita akan dikejutkan dengan keindahan kota dan daerahnya. Tidak heran jika Kalimantan dipilih sebagai ibukota baru untuk Indonesia. Sebab, Kalimantan tergolong daerah maju dengan kekayaan alam yang masih sangat potensial.

 


    5. Memiliki Insfastruktur yang Dinilai Cukup Lengkap
Ada banyak fasilitas dan insfrastruktur yang dinilai cukup baik dari Kalimantan. Seperti adanya Bandara internasional, tol, hingga pelabuhan lautnya. Artinya, hal ini mampu menghemat biaya dari proses peindahan IKN tersebut.




Wujud Ibu Kota Negara Indonesia menjadi energi baru untuk harapan rakyat Indonesia. Pemindahan ini dinilai relevan dan akan menjadikan negara ini semakin maju. Meskipun terdapat pro dan kontra, rasanya pemerintah akan mengambil keputusan yang lebih bijak demi kemashalatan orang banyak.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +