Notification

×

Kategori Berita

Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.
TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

Tag Terpopuler

Apa sih Cryptocurrency itu? dan bagaimana cara kerjanya?

19 Juni 2021 | 02:28 WIB Last Updated 2021-08-12T03:46:42Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe
Credit img: Freepik.com


Akhir-akhir ini pasti banyak yang mengatakan bahwa berinvestasi dengan Cryptocurrency akan sangat menguntungkan. Benarkah demikian?


Sejak tahun 2013, Cryptocurrency mulai mendapat perhatian dari masyarakat dunia khususnya Indonesia. Banyak media mulai memberitakan mata uang digital ini. Namun, kehadiran cryptocurrency menimbulkan pro dan kontra lho!


Lalu sebenarnya apa sih Cryptocurrency itu?

Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography, seperti dikutip dari Investopedia. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan. 


Karakteristik dan kegunaannya yaitu sebagai berikut:

1. Digital: Cryptocurrency adalah mata uang digital yang berarti hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang sehari-hari. 


2. Peer-to-peer: Cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya secara online. 


3. Global: Cryptocurrency sama di setiap negara. Maka, transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa terpengaruh oleh kurs. 


4. Terenkripsi: Setiap pengguna memiliki kode tersendiri untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Setiap melakukan transaksi, pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa. Tidak ada nama asli yang muncul dalam setiap transaksi cryptocurrency. Lebih dari itu, tidak ada aturan apa pun tentang siapa yang bisa menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa. 


5. Terdesentralisasi: Transaksi uang pada umumnya selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, seperti bank. Namun di dunia cryptocurrency, tidak ada bank atau pihak tersebut. Setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri. 


6. Truthless: Dalam menggunakan cryptocurrency, kamu tidak perlu percaya kepada siapa pun dalam sistem. 


Sehingga dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antarpengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.


Lalu apa fungsi Cryptocurrency itu?

Saat ini, banyak toko yang mulai memberlakukan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, termasuk dua perusahaan ternama Overstock dan Newegg.


Sebagai asset digital dan berinvestasi menggunakan Cryptocurrency karena semakin banyak orang melakukan investasi dengan cryptocurrency, maka harganya juga akan semakin naik. Namun, belakangan kenaikan harga mata uang digital tersebut tidak sesignifikan beberapa tahun silam.


Lantas bagaimana cara mendapatkan Cryptocurrency? Salah satu caranya adalah dengan mining atau pertambangan merupakan hal penting dalam Cryptocurrency. Hal ini sudah dapat dilalukan menggunakan aplikasi di Hp Android.

×
Artikel Terbaru Update
Rekomendasi Untuk Anda × +