Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Kenali Penyebab Kantung Mata Membengkak Yang Dipicu Aktivitas Sehari-Hari

21 Maret 2022 | 13:43 WIB Last Updated 2022-03-25T15:08:31Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Penyebab kantung mata membengkak bisa karena berbagai hal. Ada faktor dari tubuh dan faktor dari lingkungan. Tentu saja kondisi ini cukup mengganggu bagi sebagian orang. Bahkan beberapa diantaranya dapat berdampak pada kesehatan.


freepick

4 Penyebab-Penyebab Kantung Mata Membengkak
Secara umum, penyebab mata menjadi bengkak bisa didasari berbagai hal. Kebiasaan-kebiasaan berikut ini bisa menjadi pemicu mata bengkak:


1. Kurang Tidur

Kurang tidur menjadi penyebab kantung mata membengkak. Pembekakan ini akan terlihat jelas ketika seseorang tidur kurang dari 8 jam. Jika mengalami pembengkakan di area mata karena kurang tidur, beristirahat adalah cara mengatasi masalah tersebut.


2. Menangis Berlebihan
Alasan berikutnya yang bisa menyebabkan kantung mata membengkak adalah karena menangis. Seseorang dengan kantung mata besar bisa mengalami pembengkakan yang relatif besar juga pada area mata.

 

Normalnya, kantung mata akan kembali ke keadaan normal setelah beberapa saat. Tetapi, ada juga kantung mata yang harus dikompres menggunakan air dingin untuk kembali ke keadaan normal.


3. Terkena Udara Langsung
Ketika berkendara tanpa menggunakan helm, udara jalanan akan membuat kondisi mata membengkak. Hal ini terjadi karena kondisi mata normal yang kebanyakan terkena udara langsung. Selain itu, berkendara di pagi hari bisa membuat bengkak semakin parah.

 

Solusinya, ketika berkendara harus menggunakan helm sesuai standar SNI. Jangan lupa, helm yang digunakan harus ditutup kacanya agar udara bisa ditahan. Jika tidak bisa ditutup bisa menggunakan kacamata.


4. Infeksi akibat Virus dan Bakteri
Penyebab kantung mata membengkak berikutnya adalah infeksi. Debu yang masuk ke mata bisa menjadi pemicu virus dan bakteri berkembang. Akibatnya, mata bisa akan bengkak. Bila keadaan bertambah buruk, maka segera periksakan ke dokter.     
 

5. Terlalu Sering Menggunakan Softlens
Penggunaan softlens juga menjadi hal yang perlu dihindari. Pupil mata memang bisa beradaptasi dengan softlens tetapi dalam keadaan tertentu dapat mengakibatkan bengkak pada mata.


Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah mata ini, langkah pencegahan bisa dilakukan untuk mempertahankan keindahan mata. Penyebab kantung mata membengkak ini wajib di ingat, dengan tujuan bisa melakukan tindakan yang tepat saat gejala ini terjadi.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +