Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Tips dan Trik Belajar yang Menarik

23 Juni 2022 | 19:57 WIB Last Updated 2022-06-23T13:13:21Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe
freepick

Tips dan trik belajar efektif dan efisien, membahas kata belajar pastinya banyak dari kalian yang sudah merasa jenuh ketika kata ini disebut. Padahal dengan belajar dapat membuat wawasan kita lebih bertambah. Selain itu belajar tidak hanya melulu tentang pelajaran yang berada pada lingkungan sekolah. Tapi pada dasarnya kita sebagai pelajar memang di haruskan untuk belajar bukan ? karena tanpa kalian sadari jika kita belajar hasil yang di dapat akan di rasakan oleh diri kita sendiri. Belajar tak akan merugikan diri kalian. Kalo kalian rajin dalam belajar justru banyak hal positif yang bisa kalian dapat. Buat kalian yang merasa males banget nih mau belajar disini kita akan bagi trik dan tips agar kalian bisa belajar efektif dan efisien.

 

1. Buat nuansa belajar yang nyaman

Di point pertama ini menjelaskan banget kalo lingkungan bisa berpengaruh sama diri kita. Jadi buat temen-temen yang mau belajar harus buat nuansa belajar kalian senyaman mungkin. Karena semisal aja nih ya kita belajar di tempat yang buku nya berantakan, kertas berserakan dimana-mana ataupun meja belajar yang lampunya udah redup alhasil ketika kita belajar nanti mata kita akan lebih sulit buat berakomodasi. Cahaya yang redup juga tidak terlalu baik buat kesehatan mata kamu.

 

2. Pahami bacaan bukan menghafal bacaan

Pasti kebanyakan dari temen-temen lebih mementingkan untuk menghafal materi yang sedang kita baca, Padahal harusnya kita lebih memahami setiap kalimat yang kita baca. Karena jika kita hanya membaca maka materi itu mungkin hanya akan membekas dengan singkat di memori kita. Beda halnya kalo kita padam dengaj setiap kalimat yang kita baca, pastinya materi akan lebih lama untuk diingat karena kita sudah paham betul maksud dari materinya. Jadi buat temen-temen yang masih menghafal buat tiap materi yang di baca gimana kalo di coba untuk sedikit demi sedikit memahami materi tersebut.

 

3. Jangan belajar terlalu lama

Buat temen-temen jangan salah fokus dulu ya kalo baca poin ke 3 ini. Maksud dari jangan terlalu lama dalam belajar disini adalah dengan membuat jeda istirahat kalo lagi belajar. Contoh nya belajar 10 menit lalu 5 menit setelah bisa kita buat untuk istirahat entah itu nyemil atau cuma istirahat aja. Tapi untuk tips yang satu ini kalian perlu buat kontrol diri yang kuat ya biar kalo lagi waktu istirahat ngga keterusan tuh istirahat nya.kalo kita ga bisa kontrol diri bisa-bisa gagal dong rencana belajar kita.

 

4.Membuat note atau catatan yang menarik

Fungsi dari pada membuat note adalah untuk mencatat poin-poin penting. Jadi nanti ketika kita mungkin lupa dengan materi yang kita baca teman-teman bisa tuh untuk membaca note yang ada dan langsung pada intinya. Pencatatan materi yang di kemas dengan menarik akan membuat kita lebih bersemangat untuk membacanya.Menariknya catatan yang kita buat pasti juga bisa membuat kita untuk lebih bersemangat dalam belajar dan memahami materi, Selain itu pencatatan ulang materi dapat membuat otak kita lebih mengingatnya karena otak bagai bekerja dua kali yakni pertama ketika kita sedang membaca lalu yang kedua ketika kita menulisnya kembali.

 

5. Belajar setelah Subuh

Siap nih yang habis subuh suka tidur lagi? temen-temen tau ga kalo belajar setelah Subuh dijamin materi yang kita pelajari bakalan langsung masuk ke otak kita. Hal ini di karenakan otak kita masih dalam keadaan fresh dan belum memikirkan banyak hal, Dalam Islam belajar setelah Subuh juga di anjurkan lho teman-teman.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +