Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Besaran Biaya Iuran BPJS Kesehatan Wajib Diketahui

14 Maret 2022 | 21:55 WIB Last Updated 2022-03-14T14:56:14Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

BPJS juga termasuk badan hukum yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menjamin kesehatan rakyat. Biaya iuran BPJS Kesehatan menjadi sesuatu yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk mendaftar.

 

Uzone

 

Besar Biaya Iuran BPJS Kesehatan yang Harus Dibayarkan
Besaran biaya iuran BPJS Kesehatan wajib diketahui, masalah iuran ini diatur dalam Perpres nomor 64 tahun 2020. Setiap iuran yang dibayarkan sebagai jaminan kesehatan ini berbeda-beda sesuai dengan kelas yang mereka ambil. Dalam BPJS terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas 1, 2 dan 3, apa saja perbedaan dalam kelas tersebut. Simak penjelasan berikut!


1. BPJS Kelas 1
BPJS merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang memiliki wewenang untuk memberikan sebuah jaminan sosial berupa jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan serta sudah beroperasi sejak tahun 2014.
 

 

Pada kelas 1 ini biaya iuran bpjs kesehatan yang harus dikeluarkan sebesar Rp 150.000 setiap bulan sebagai keanggotaan bpjs perorangan. Manfaat atau fasilitas yang didapatkan pada kelas satu ini hampir sama dengan kelas lainnya.
Mungkin perbedaan yang mendasar pada saat membutuhkan rawat inap, pasien dengan kelas satu ini akan mendapatkan ruangan dengan jumlah pasien lebih sedikit. Yaitu sekitar 2 sampai 4 orang per kamar. Namun selain itu pasien juga dapat pindah ke ruang VIP dengan tambahan membayar diluar tanggung jawab BPJS. 

 

2. BPJS Kelas 2
Pada BPJS kelas 2 membayar iuran sekitar Rp 100.000 setiap bulannya untuk keanggotaan BPJS perorangan. Manfaat yang diberikan hampir sama dengan BPJS kelas 3. Hanya saja pasien akan mendapatkan kapasitas kamar inap dengan anggota yang lumayan sedikit yakni sekitar 3-5 orang. Selain itu, juga akan mendapatkan kamar vip jika menambah biaya tambahan.

 

3. BPJS Kelas 3
Kelas 3 merupakan kelas rendah dengan biaya iuran BPJS kesehatan sejumlah Rp 35.000 setiap bulannya. BPJS jenis ini disebut juga BPJS biaya gratis.  Beberapa fasilitas yang didapatkan seperti konsultasi dokter, pemeriksaan, obat formula dan lain-lain.
 

 

Besaran biaya iuran BPJS Kesehatan wajib diketahui, bagaimana dengan beberapa penjelasan diatas? Semoga dapat membantu pemahaman kamu mengenai biaya iuran BPJS kesehatan. Pastikan jika kamu sudah memilih kelas yang sesuai!

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +