Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Syarat Vaksin Booster dan Ketahui Jenis Efek Sampingnya

22 Februari 2022 | 11:19 WIB Last Updated 2022-02-22T04:19:54Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe
Freepick

 

Syarat vaksin Booster dan ketahui jenis efek sampingnya, seiring merebaknya pandemi di Indonesia, pemerintah telah menggalangkan kegiatan vaksinasi massal. Vaksinasi ini akan diberikan kepada seluruh warga negara secara gratis. Namun ada beberapa syarat vaksin booster yang harus dipenuhi calon penerima. Untuk ulasan lengkapnya, simak artikel di bawah ini!


 

Syarat Penerima Vaksin Booster 

Syarat vaksin Booster, pemerintah telah menentukan beberapa kriteria yang berhak mendapatkan vaksin booster. Sebagai informasi bahwa, ada beberapa tahapan vaksin booster. Pertama ialah untuk lansia dan penderita autoimun. Lalu berikutnya yakni mencakup masyarakat umum dan ibu hamil. Berikut syarat yang harus di penuhi calon penerima vaksin booster:

 

  • Memiliki KTP dan KK, kemudian menunjukkan KTP dan KK kepada petugas vaksinasi.
  • Calon penerima vaksinasi adalah mereka yang berusia lebih dari 18 tahun.
  • Calon penerima telah memperoleh vaksin primer. Di mana vaksin primer dosis sate dan dosis 2 paling sedikit enam bulan sebeblum mendapatkan vaksin booster.


 

Jenis Vaksin dan Efek Setelah Vaksinasi 

Jenis efek sampingnya, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa tipe vaksin yang diterapkan di Indonesia. Setidaknya ada 5 jenis vaksin yang saat ini digunakan. Semua memiliki efek tersendiri pada penerima. Hal ini bisa saja karena efek imunitas setiap orang tidak sama. Adapun kelima jenis tersebut ialah CoronaVac/ Vaksin Covid 19 Bio Farma, Vaksin Pfizer, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Moderna dan Vaksin Zifivax. 


 

Bicara mengenai efek vaksinasi tentu ada beberapa gejala yang berbeda untuk setiap orang. Namun umumnya, seseorang akan mengalami sakit kepala, demam, nyeri pada bagian tangan, mual, kelelahan, gatal dan kemerahan. Namun pada beberapa kasus terdapat efek vaksinasi yang cukup berat seperti pembengkakan hingga lemas seperti tidak dapat jalan. 



Sebagai informasi, bahwa semua efek tersebut merupakan respon alami tubuh yang akan berangsur pulih dengan sendirinya. Jadi masyarakat tidak perlu takut atau khawatir. Efek vaksinasi tergolong aman dan sudah melewati masa uji coba dan penelitian. Itulah syarat vaksin booster beserta jenis dan efek setelah vaksinasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.


Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +