Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Cara Mengatasi Anak Susah Nyusu dan Ketahui Juga Penyebabnya

28 Maret 2022 | 14:31 WIB Last Updated 2022-03-28T07:32:15Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Memiliki seorang balita sangat menyenangkan, selain bisa menghabiskan waktu seharian penuh mengurusnya, ada aktivitas lain yang bisa mengisi waktu istirahat. Tapi bagaimana jadinya jika Si Kecil tidak mau nyusu? Berikut ini adalah cara mengatasi anak susah nyusu yang bisa kamu lakukan.

 

freepick
 


1. Mencoba Membuat Si Kecil Nyaman
Si Kecil yang tidak mau menyusu bisa jadi disebabkan oleh posisi tubuhnya yang belum tepat. Pada beberapa kasus, anak bayi tidak menyusu dengan tenang bila posisinya tidak nyaman. Selain beresiko terhadap pernafasan, minum asi dengan posisi salah akan membuat tubuh Si Kecil sakit. 


2. Memilih Botol Susu Anti Colic
Pemilihan botol susu terkadang berpengaruh, sistem anti colic akan membantu menjaga sirkulasi udara dari botol menuju mulut bayi. Kamu bisa membeli jenis botol di beberapa store perlengkapan bayi. Meski harganya cenderung lebih mahal, namun si kecil akan lebih aman.


3. Menyusui Langsung
Selain bisa memberikan asi segar kepada Si Kecil, menyusui langsung jauh lebih sehat. Si Kecil tidak perlu beradaptasi dengan bentuk puting. Cara mengatasi anak susah nyusu dengan menggunakan  metode ini jauh lebih baik, terutama jika Si Kecil susah ditenangkan.


4. Cara Mengatasi Anak Susah Nyusu Dengan Mengajak Si Kecil Berkomunikasi
Si Kecil merasa tidak nyaman ketika menyusui tanpa memberikan kontak batin. Berkomunikasi dengan cara tersenyum dan menatap Si Kecil bisa menjadi cara yang ampuh saat menghadapi anak susah nyusu. Kontak batin seperti ini membuat Si Kecil jauh lebih nyaman.


5. Mengusap Punggung Si Kecil

Selain ampuh, cara memberikan asi sambil mengusap tubuh Si Kecil terbukti berhasil. Si Kecil akan merasakan kehangatan ibunya ketika ada tanggapan berupa belaian dan tatapan. Bunda juga bisa sambil mengelus bagian dada untuk membantu melancarkan pernafasan bayi ketika menyusu.


Menguasai cara mengasuh anak yang baik akan membantu dalam menjalankan tugas sebagai seorang ibu. Ikatan batin antara ibu dan anak sangat kuat, tetapi ketika Si Kecil dalam keadaan kurang baik ada kalanya menerapkan cara mengatasi anak susah nyusu seperti yang dijelaskan di atas.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +