Notification

×

Kategori Berita

Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.
TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

Tag Terpopuler

Mengenal objek pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

22 Januari 2014 | 20:20 WIB Last Updated 2021-07-22T02:21:04Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Yogyakarta adalah salah satu kota besar di pulau jawa yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekaligus tempat kedudukan bagi Sultan Yogyakarta dan Adipati Pakualam.  Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara 1575-1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Karaton Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman, yang merupakan pecahan dari Mataram.
Kota yang dijuluki dengan kota Gudeg ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan tempat yang amat menarik untuk dikunjungi. Dulunya Yogyakarta  adalah ibukota Indonesia, namun kini telah dipindahkan ke Jakarta. Wajar saja Yogyakarta menjadi ibukota karena kota yang satu ini memiliki kemajuan yang lebih baik dibanding yang lain, baik dari segi pendidikan, kreativitas masyarakat, keindahan kota, dan lain sebagainya. Yogyakarta juga memiliki berbagai tempat pariwisata yang indah diantara tempat yang paling dikenal dan populer bagi masyarakat yaitu :

1. Malioboro
Malioboro merupakan salah satu jalan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta. Beraaneka ragam jajanan lesehan bisa di jumpai hampir di sepanjang jalan. Menariknya lagi, di Jalan Malioboro ini banyak di jumpai seniman-seniman yang unjuk kebolehan mulai dari bermusik, melukis, hapening art, dan performa beragan performa seni lainya.

2. Candi Prambanan
Candi tercantik di dunia dan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Candi ini berada di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Pantai Parangtritis
Objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Selain pantainya yang indah, terdapat juga wahana hiburan lainya seperti ATV, kereta kuda & kuda yang bisa anda disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Bukan itu saja, Parangtritis juga dikenal sebagai tempat olahraga udara/aeromodeling.

4. Keraton Yogyakarta
Merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Kompleks keraton Jogja ini termasuk dalam salah satu objek wisata di Jogja yang menyajikan  peninggalan bersejarah di museumnya mulai dari koleksi milik kesultanan, serta hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

5. Taman Sari
Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta mempunyai dua pintu gerbang utama, yaitu Gapuro Agung (yang berada dibagian Barat) dan Gapuro Panggung (yang berada dibagian Timur).
     

Sebenarnya masih banyak lagi objek pariwisata yang indah dan patut untuk dikunjungi di kota Yogyakarta seperti : Kebun Binatang Gembira Loka , Candi Klodangan , Monumen Jogja Kembali, Goa Selarong, Gua Rancang Koncono, Gua Cerme, Museum Sonobudoyo, Pemakaman Imogiri, Kerajinan kulit Manding Bantul, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Kukup, Pantai Glagah dll..

Demikian artikel tentang kota Yogyakarta, semoga bermanfaat dan memberikan referensi yang baru untuk mencoba menikmati liburan dikota Yogyakarta.


Referensi : wikipedia.org, rohmatullahh.blogspot.com, likethisya.com

×
Artikel Terbaru Update
Rekomendasi Untuk Anda × +