Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Anak 2 Tahun, Alami Tanpa Obat!

25 Maret 2022 | 22:05 WIB Last Updated 2022-03-25T15:08:23Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Bunda pasti pernah mengalami anak rewel karena susah buang air besar. Balita umumnya memang mengalami sembelit. Hal ini dirasa wajar karena sistem pencernaan anak belum sepenuhnya sempurna. Namun bunda harus tahu cara mengatasi susah buang air besar anak 2 tahun agar ketika masalah semacam ini terjadi bunda tidak harus khawatir. Berikut beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan:

freepick
 

1. Perbanyak Konsumsi Buah Pisang Dicampur Air Hangat
Jika merujuk pada metode nenek moyang dulu, buah pisang merupakan buah kaya serat yang memang telah dipercaya melancarkan buang air besar. Mencampurkan buah pisang dan air hangat mampu melunakkan kotoran. Sehingga sembelit hilang.

 

2.  Memberikan Pijatan Perut Anak
Cara mengatasi susah buang air besar anak 2 tahun dapat dilakukan dengan memijat lembut perut si kecil. Berdasarkan penelitian, pijat ini mampu mengatasi sembelit secara alami. Bunda juga bisa merangsang si kecil dengan memijat di sekitar area anus.

 

3. Memberikan Campuran Madu dan Susu
Cara alami berikutnya yakni dengan memanfaatkan susu dan madu. Seperti kita ketahui, madu merupakan bahan alami untuk imunitas tubuh. Namun selain itu, madu juga memiliki banyak manfaat lain. salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Bunda bisa mencampurkan madu dengan segelas susu.

 

4. Banyak Konsumsi Makanan Kaya Serat
Selain buah pisang, ada banyak jenis makanan yang mengandung serat alami. Makanan ini mampu mengatasi susah buang air besar. Adapun beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah buah pir, mangga, jeruk. Lalu lengkapi juga dengan sayuran seperti wortel, sawi atau brokoli. Selain itu bunda juga bisa memberikan makanan kaya serta lainnya seperti gandum dan legume.
 

Anak memiliki sistem pencernaan yang memang belum sempurna. Oleh karena itu, orang tua harus jeli dalam memberikan asupan gizi untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Cara mengatasi susah buang air besar anak 2 tahun di atas, dapat menjadi solusi ketika si buah hati mengalami sembelit. Namun jika dalam waktu dua hingga tidak hari tidak kunjung baik, segera periksa ke dokter.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +