Notification

×
Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.

Kategori Berita

TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

TAG TERPOPULER SAAT INI

Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak, Lengkap Beserta Penyebabnya

18 Maret 2022 | 18:07 WIB Last Updated 2022-03-25T15:09:00Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe

Kita mungkin sering mendengar istilah tantrum pada anak. Mengetahui cara mengatasi tantrum pada anak ini penting untuk orang tua. Meskipun hal ini dianggap wajar, namun sejatinya tantrum tidak boleh dibiarkan. Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka dapat mengakibatkan dampak tersendiri kepada anak. 

 

freepick

 

Trantum sendiri merupakan luapan emosi anak yang sulit dikendalikan. Gejala berlebihan akan berbahaya. Terlebih sampai melukai diri sendiri. Ada banyak penyebab tantrum pada anak salah satunya adalah rasa tidak nyaman atau saat anak tidak dapat mengungkapkan ekspresinya. Sehingga dia meluapkan dengan emosinya. Tantrum ditandai dengan menangis, menjerit, hingga memukul.
 

Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak, Melalui Metode Pendekatan
Lantas Bagaimana cara mengatasi tantrum? Berikut ulasan selengkapnya:

 

1. Mengetahui Penyebabnya
Anak akan marah bahkan melukai diri sendiri pasti ada penyebab tertentu. Sebagai seorang ibu siaga, kita harus mengetahui kenapa anak tersebut marah. Dengan mengetahui penyebabnya, orang tua akan lebih mudah mengatasinya.

 

2. Beri Ruang dan Jarak
Biarkan anak bereaksi dan berikan jarak aman. Kita harus memberi ruang anak untuk mengekspresikan kemarahannya. Namun tetap awasi dan beri jarak aman. Sebaiknya bawa ke tempat sepi untuk menenangkanya.
 

3. Hindari Membentak Anak
Terkadang orang tua juga tersulut emosi sehingga ia mengungkapkan kemarahannya kepada si buah hati. Hal ini akan membuat si kecil semakin marah. Pada dasarnya anak hanya ingin diperhatikan orang tua. Kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi anak tantrum adalah kunci utama.
 

4. Mengalihkan Perhatian
Meski terkesan sepele, namun ketika kita bisa mengalihkan perhatian anak ia akan merasa lebih tenang dan melupakan rasa emosi. Ini adalah cara ampuh mengatasi tantrum. Selain itu, orang tua harus tahu apa yang diinginkan anak. Berikan control yang baik dan awasi perkembangan anak.
 

Mengatasi anak tantrum sebenarnya susah-susah gampang. Kita harus tahu bagaimana karakter masing-masing anak. Sebab mereka memiliki kecenderungan tersendiri. Dengan melakukan beberapa cara mengatasi tantrum pada anak di atas. Semoga bermanfaat bagi orang tua yang mengalami kendala serupa.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE" ya, terima kasih.

Ingin cari Loker?
Yakin tidak mau baca ini?
Komentar Anda
Rekomendasi Untuk Anda × +