Notification

×

Kategori Berita

Ingin Mencari Artikel?
✓ Tersedia berbagai artikel yang dapat menambah wawasan Anda.
TRENDING TERKINI

Adsense Responsif

Tag Terpopuler

3 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Kita

08 Desember 2013 | 16:34 WIB Last Updated 2021-07-29T14:15:03Z
Bantu Subscribe ya?
Subscribe
credit img: unsplash.com

Dewasa ini umur seseorang selalu bertambah, berbanding terbalik dengan daya pengingat kita. Oleh karena itu alangkah baiknya kita tetap menjaga pola hidup sehat, agar otak yang kita miliki tetap terjaga daya pengingatnya. Berikut cara meningkatkan kemampuan otak kita seiring bertambahnya usia kita:

MAKAN: Kurangi Mentega Buatan
Entah dioleskan ke atas roti atau dituang di popcorn yang dijual di bioskop, banyak pengganti mentega dan perasa yang mengandung bahan kimia diasetil, yang dapat membahayakan sel-sel otak. Diasetil memicu gumpalan protein di otak, yang menjadi penanda penyakit Alzheimer, menurut para peneliti dari University of Minnesota. Peneliti Ashish Vartak, PhD, mengatakan bahwa penelitian itu masih dini, tetapi ia dan timnya mulai menghindari diasetil dengan makan popcorn tanpa rasa (mereka paling menambahkan garam atau rempah-rempah). Nah, saat nonton bioskop, pesan saja popcorn tanpa tambahan mentega cair sehingga Anda juga bisa mengurangi paparan diasetil.

BERKUMUR: dengan Lemonade
Sebuah studi baru menemukan bahwa cairan manis dapat meningkatkan rasa gigih. Dan untuk itu, Anda tak perlu sampai menelan minuman manis itu. Penelitian yang berlangsung di University of Georgia itu mengungkapkan, berkumur dengan minuman lemonade yang dibubuhi gula dapat membantu para mahasiswa menjadi lebih baik dalam uji kegigihan. “Para peneliti selama ini menganggap gula harus masuk ke tubuh untuk memberikan Anda energi bagi kontrol diri,” kata profesor psikologi dari University of Georgia, Leonard Martin, salah seorang peneliti. Namun dengan menahan gula itu di mulut rupanya dapat memberikan sinyal kepada pusat motivasi kita di otak untuk lebih perhatian.

TIDUR: Tujuh Jam
Terlalu banyak tidur sama tak baiknya bagi kesehatan seperti halnya tidur terlalu sedikit. Para peneliti di Brigham anda Women’s Hospital, Boston, AS, selama 20 tahun mengamati data lebih dari 15 ribu partisipan dalam Nurse’s Health Study. Mereka menemukan, kerap tidur dua jam lebih banyak atau lebih sedikit dari tujuh jam setiap malam sama dengan penuaan otak dua tahun (diukur dalam uji memori standar). Efek kognitif juga tampak ketika ada perubahan sebesar dua jam atau lebih per malam pada kebiasaan tidur para wanita itu seiring pertambahan usia mereka.

Demikian tips agar meningkatkan daya otak kita agar tetap meningkat meskipun dengan bertambahnya usia kita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber Referensi : www.readersdigest.co.id
×
Artikel Terbaru Update
Rekomendasi Untuk Anda × +